Rabu, 21 Oktober 2015

Mengenal Penyakit Kaki Gajah


                                  gambar :penyakitkakigajah.com



Penyakit Kaki Gajah  adalah golongan penyakit menular yang disebabkan oleh cacing Filaria yang ditularkan melalui gigitan  nyamuk, sehingga  disebut penyakit Filariasis.

Setelah tergigit nyamuk, parasit (larva) akan menjalar dan ketika sampai pada jaringan sistem lympa maka berkembanglah menjadi penyakit filariasis atau yang lebih dikenal penyakit kaki gajah.dan bila tidak mendapatkan pengobatan, dapat menimbulkan cacat menetap berupa pembesaran kaki, lengan dan alat kelamin dan menyerang baik laki-laki maupun perempuan.

Penyakit Kaki Gajah ini sebenarnya bukan penyakit yang mematikan, tetapi  bagi penderita akan  menjadi sesuatu yang dirasakan memalukan dan  dapat mengganggu aktifitas sehari-hari.

Penyakit Kaki Gajah ini biasanya banyak terdapat pada wilayah tropis. Menurut info dari WHO, urutan negara yang terdapat penderita mengalami penyakit kaki gajah adalah Asia Selatan (India dan Bangladesh), Afrika, Pasifik dan Amerika. Belakangan banyak pula terjadi Asia Tenggara (Thailand dan Indonesia).

Tidak ada komentar:

Posting Komentar